Menko Puan Targetkan Masalah Gizi Selesai Tahun 2019

No comment 1187 views

puanmaharani3

Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla menargetkan perbaikan masalah gizi harus bisa diselesaikan dalam waktu lima tahun hingga tahun 2019. Seluruh kementerian dan lembaga negara akan dilibatkan untuk menyelesaikan gizi buruk.

"Pembangunan manusia Indonesia yang berkarakter dan unggul tersebut, salah satunya ditentukan oleh kecukupan gizi," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam keterangannya, Senin (9/2/2015). Puan mengatakan hal yang sama dalam acara Diseminasi Global Nutrition Report di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Menurut Puan, masalah gizi di Indonesia disebabkan berbagai faktor. Selain kemiskinan, faktor seperti kesehatan, pangan, pendidikan, air bersih, keluarga berencana menjadi penyebab masalah gizi buruk di Indonesia.

Oleh karena itu seluruh kementerian dan lembaga negara akan dilibatkan untuk menuntaskan masalah gizi buruk di Indonesia. Tanpa ada sinergi antarlembaga negara, kata Puan, masalah gizi buruk tidak akan pernah selesai.

Politisi PDIP ini juga menjelaskan, pemerintah dalam program percepatan perbaikan gizi bertekad menjamin pelayanan kesehatan ibu dan anak, mencegah pernikahan dini, dan membangun infrastruktur untuk pengadaan air bersih. Selain itu, pemerintah akan menjamin program ketahanan pangan rumah tangga kelompok masyarakat kecil, pendidikan hidup sehat pada anak-anak usia sekolah dasar, dan sosialisasi mengenai sumber gizi yang murah.

Pemerintah telah mempersiapkan target perbaikan gizi masyarakat. Sejumlah target itu, kata Puan, menurunnya angka kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup, dari 359 menjadi 306 pada tahun 2019.

"Menurunnya angka kematian bayi per 1.000 kelahiran hidup, dari 32 menjadi 24 pada tahun 2019. Menurunnya prevalensi kekurangan gizi (underweight) pada anak balita dari 19,6 persen menjadi 17 persen pada tahun 2019. Target lainnya adalah menurunnya prevalensi stunting (pendek dan sangat pendek) pada anak baduta (di bawah 2 tahun), dari 33 persen menjadi 28 persen pada tahun 2019," tutur Puan.

author

Leave a reply "Menko Puan Targetkan Masalah Gizi Selesai Tahun 2019"