Ayo Kenal Zat Gizi Lebih Dekat Biar Anak Tak Rawan Gizi

gizi-130626c

Zat Gizi sangat penting untuk kesehatan tubuh. Namun tidak sedikit yang belum mengetahui apa itu zat gizi. Mengetahui zat gizi sangat penting guna memahami fungsinya untuk tubuh.

Untuk itu Sari Husada mengajak untuk kenal lebih dekat apa itu zat gizi pada Seminar Nasional Pangan dan Gizi (SEMNAS PAGI) 2013 di Balai Kartini Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Menurut Presiden Direktur Sari Husada, Boris Bourdin yang mengutip dari Almatsier 2002 mengenai prinsip dasar Ilmu Gizi, "Zat gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan serta mengatur proses-proses kehidupan.

Zat gizi bermanfaat untuk memberi energi untuk melakukan aktivitas, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit dan menunjang pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh.

Selain itu mengatur proses yang terjadi di dalam tubuh, seperti proses pencernaan makanan di dalam perut, pengaturan metabolisme tubuh (proses pengolahan zat gizi dalam tubuh), dan produksi ASI.

Kelompok rawan gizi adalah suatu kelompok di dalam masyarakat yang paling mudah menderita gangguan kesehatan atau rentan kekurangan gizi.

"Dikutip dari prinsip-prinsip dasar ilmu kesehatan masyarakat yang ditulis Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo mengatakan kelompok rawan gizi yaitu kelompok bayi (0-1th), Balita, anak sekolah, remaja, ibu hamil dan menyusui serta usia lanjut," ujarnya.

Penghasil energi bagi tubuh, melindungi organ penting (jantung dan ginjal) juga janin dalam perut merupakan manfaat dari lemak. Selain itu lemak juga memelihara suhu tubuh dan sumber asam lemak penting (omega 3, omega 6, DHA) yang membantu proses pembentukan sel saraf balita maupun janin di masa kehamilan.

Lemak terdapat dalam minyak tumbuh-tumbuhan, kacang-kacangan, jagung, mentega, daging ayam dan sapi. (Mia/Igw)

author

Leave a reply "Ayo Kenal Zat Gizi Lebih Dekat Biar Anak Tak Rawan Gizi"