Remaja Penderita Gizi Buruk di Sukabumi Meninggal

No comment 1790 views

1378109556

Sukabumi - Raju (17), remaja yang menderita gizi buruk warga Kampung Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSUD Sekarwangi Cibadak.

"Raju meninggal Senin (2/3) sekitar pukul 04.30 WIB setelah mendapatkan perawatan medis akibat penyakit paru yang juga dideritanya," kata Humas RSUD Sekarwangi Cibadak, Ramdansyah di Sukabumi, Senin (2/3) siang.

Menurutnya, penderita gizi buruk ini meninggal karena mengidap berbagai penyakit penyerta seperti tubercolosis (TB) sejak berusia tiga tahun, malnutrisi, pnemonia TB paru aktif (menular), dehidrasi berat dan semenjak dimasukkan ke rumah sakit tubuhnya kekurangan cairan.

Diakuinya, Raju terlambat mendapatkan perawatan medis, bahkan penyakit TB yang diidapnya baru diketahui setelah dirawat di RSUD Sekarwangi. Tim medis yang dibentuk untuk menangani Raju pun sudah berupaya menyembuhkan penyakit, namun karena sudah akut nyawanya tidak berhasil ditolong.

"Jenazah sudah dibawa oleh orang tuanya ke rumah di Kampung Simpenan RT 04 RW 07 Desa/Kecamatan Cikembar. Saat meninggal, Raju juga ditemani oleh kedua orang tuanya yakni Heri (39) dan ibu tirinya Tarsih (29)," ujarnya.

Ia menyesalkan telatnya penanganan medis yang dikarekan beberapa faktor seperti kemiskinan, namun saat ini sudah ada BPJS Kesehatan yang bisa digunakan, apalagi karena malnutrisi penderita gizi buruk ini mudah terserang penyakit.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Nasihudin mengatakan pada tahun ini berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat yang tergolong dalam Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) salah satunya penderita gizi buruk. Upaya yang dilakukan adalah memberikan makanan tambahan, pengobatan dan pemberian nutrisi sebagai daya tahan tubuh.

"Kami akui dengan luasnya wilayah Kabupaten Sukabumi masih sulit mendata satu persatu penyandang PMKS, maka dari itu informasi dari warga sangat kami perlukan agar cepat ditanggulangi," katanya.

Tags:
author

Leave a reply "Remaja Penderita Gizi Buruk di Sukabumi Meninggal"