6000 Balita di Kabupaten Tasikmalaya Kurang Gizi

No comment 1856 views

Dari catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya pada 2014. Sebanyak 6000 lebih bayi dibawah umur lima tahun (balita) di Kabupaten Tasikmalaya mengalami kekurangan gizi. Banyaknya balita kurang gizi, salah satunya dipicu karena banyaknya ibu hamil kurang mengetahui wawasan kesehatan dan faktor ekonomi.

Menurut Kepala Seksi Gizi Bidang Kesehatan Masyarakat (Binkesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya, Rasikin BSC, disela-sela aktifitasnya, Sabtu (9/5/2015), 15 persen ibu hamil dikategorikan kurang energi kronis (KEK) yang berimbas terhadap kelahiran bayi kekurangan gizi.

Memang banyak faktor penyebab balita menderita gizi buruk. Faktor ekonomi menjadi penyebab utama banyaknya balita yang kurang gizi. Dinilai Rasikin, adanya program peningkatan ekonomi keluarga sangat penting. Sebab, dengan meningkatnya perekonomian secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan kesehatan keluarga.

"Jika ada balita menderita gizi buruk dan kurang gizi, kemudian diobati di Puskesmas pusat pemulihan gizi. Balita tersebut bisa sembuh, tapi ketika pulang ke rumah akan menderita kekurangan gizi lagi karena kondisi ekonomi keluarga yang buruk,"ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinkes, tercatat ada sebanyak 33 ribu balita yang masuk dalam kategori keluarga miskin. Jika dipersentasikan jumlahnya mencapai 28 persen. Di bulan penimbangan balita 2014, tercatat ada 3.498 balita laki-laki dan 2.783 balita perempuan yang kurang gizi. Sementara, balita laki-laki dan perempuan yang menderita gizi buruk jumlahnya mencapai 169 balita, ungkapnya.

sumber : www.pikiran-rakyat.com

author

Leave a reply "6000 Balita di Kabupaten Tasikmalaya Kurang Gizi"